RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 8 OKTOBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 8 OKTOBER 2024

Hari Biasa

Gal 1:13-24; Mzm 139:1-3.13-14ab.14c-15; Luk 10:38-42.

BcO Sir 3:1-16

Warna Liturgi Hijau

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya dalam perjalanan, tibalah Ia di sebuah kampung. Seorang perempuan yang bernama Marta menerima Dia di rumahnya. Perempuan itu mempunyai seorang saudara yang bernama Maria. Maria ini duduk dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya, sedang Marta sibuk sekali melayani. Ia mendekati Yesus dan berkata: "Tuhan, tidakkah Engkau peduli, bahwa saudaraku membiarkan aku melayani seorang diri? Suruhlah dia membantu aku." Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Renungan 

Marta, Marta, engkau khawatir dan menyusahkan diri dengan banyak hak, padahal hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari dia" (ay. 41-42). Marta dan Maria adalah dua bersaudara yang sangat mengasihi Tuhan dan ingin memberikan yang terbaik bagi-Nya. Namun, pemikiran dan tindakan mereka berbeda. Marta melihat bahwa Yesus datang sebagai tamu sehingga ia sebagai seorang wanita Yahudi berkewajiban untuk menyambut-Nya sesuai tradisi Yahudi. Sementara Maria menerima Yesus sebagai Tuhan dan mengikuti apa yang diharapkan-Nya, yaitu duduk dan mendengarkan-Nya. Marta dipenuhi dengan keharusan-keharusan, sementara Maria mencari apa yang ia butuhkan, yakni mendengar dan dekat dengan Tuhan. 

Dalam relasi perkawinan dan hidup berkeluarga, membahagiakan pasangan atau anggota keluarga kita akan menjadi sulit jika kita tidak mendengarkan kebutuhannya dan fokus pada apa yang harus kita perbuat. Kita terjebak oleh tirani "keharusan", lalu lupa dan atau tidak sempat berusaha menemukan apa sebenarnya yang kita butuhkan. Perbedaan antara "yang harus" dan "yang dibutuhkan" memang kadang-kadang sangat sumir. Karena itu, kita mesti mampu membedakan keduanya, dan memilih apa yang kita butuhkan dalam peziarahan kita sebagai makhluk sosial dan spiritual. 

Dalam pelayanan kita di gereja ataupun di komunitas, kadang-kadang kita juga ingin memberikan yang terbaik dengan membarui banyak hal dan tenaga kita terkuras untuk karya yang diberikan komunitas kepada kita. Kadang-kadang kita "frustrasi" sendiri atau bersikap menuntut orang lain karena kita merasa seakan tidak didukung, tidak dihargai, dan mungkin disalahkan. Namun, yang mesti kita sadari, bukan banyak hal luar biasa yang dapat membuat orang yang kita kasihi berbahagia, melainkan pengenalan dan jawaban atas kerinduannya, yang walaupun sederhana, dapat membahagiakan dan merekatkan relasi. 

Ya Bapa, semoga kami lebih mendengarkan, mengenal dan menjawab sabda dan kerinduan-Mu atas hidup kami. Mampukanlah kami untuk senantiasa menangkap, mendengarkan, dan mengikuti kehendak-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 8 OKTOBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel