RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 5 OKTOBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 5 OKTOBER 2024

Faustina Kowalska Hari Sabtu Imam

Ayb 42:1-3.5-6.12-17; Mzm 119:66.71.75.91.125.130; Luk 10:17-24.

BcO Ydt 13:3-14:7

Warna Liturgi Hijau

Kemudian ketujuh puluh murid itu kembali dengan gembira dan berkata: "Tuhan, juga setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu." Lalu kata Yesus kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit. Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga." Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak ada seorangpun yang tahu siapakah Anak selain Bapa, dan siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu." Sesudah itu berpalinglah Yesus kepada murid-murid-Nya tersendiri dan berkata: "Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat. Karena Aku berkata kepada kamu: Banyak nabi dan raja ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya."

Renungan

Berhasil lulus tes yang sulit atau mendapatkan keberhasilan dalam tugas yang berat tentu membahagiakan dan menyenangkan. Wajarlah jika orang merasa bangga, senang, atau bahagia. Keberhasilan kita adalah buah perjuangan kita, tetapi juga kebaikan dari banyak orang dan terutama karena penyertaan Tuhan. 

Ketujuh puluh murid datang dengan berkata, "Tuhan, setan-setan takluk kepada kami demi nama-Mu" (ay. 17). Para murid melihat keberhasilan itu dalam cara pandang "takluk kepada kami" walaupun kemudian dikatakan "demi nama-Mu". Bangga atas kemampuan diri walaupun menggunakan kuasa Tuhan. Istilah yang.sering kali dipakai oleh umat adalah "mencuri kemuliaan Tuhan". Tentunya ungkapan ini tidak dimaksudkan untuk mengecilkan usaha dan kesungguhan kita, tetapi mau menunjukkan keyakinan, sekaligus ketergantungan kita pada penyelenggaraan ilahi yang melebihi apa yang dapat kita pikirkan dan bayangkan. 

Yesus mengajak ketujuh puluh murid untuk masuk lebih dalam: "... bersyukur karena namamu ada terdaftar di surga" (ay. 20). Ini mau mengungkapkan bahwa "hidup kita ada di hati Allah dan diindahkan oleh Allah ... mata Allah ada pada kita. Inilah hal yang patut dan perlu disyukuri lebih dari segalanya. Marilah, dalam setiap keberhasilan, kita mengucap syukur atas kebaikan Tuhan. Pengalaman ini akan membuat kita tetap tegar dan kuat ketika mengalami tantangan dan kesulitan. Karena kita tidak pernah sendiri, Allah memerhatikan kita, mata-Nya mengamat-amati kita untuk menjaga kita. 

Ya Bapa, kami bersyukur atas segala hal yang kami alami dalam hidup ini, entah itu keberhasilan ataupun kegagalan. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 5 OKTOBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel