RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 12 OKTOBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 12 OKTOBER 2024

Hari Biasa

Gal 3:22-29; Mzm 105:2-3.4-5.6-7; Luk 11:27-28.

BcO Sir 7:22-36

Warna Liturgi Hijau

Ketika Yesus masih berbicara, berserulah seorang perempuan dari antara orang banyak dan berkata kepada-Nya: "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau." Tetapi Ia berkata: "Yang berbahagia ialah mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya."

Renungan 

Sebahagiaan besar dirasakan oleh seorang ibu ketika ia melahirkan anak dengan selamat, kemudian mendidiknya sehingga anak itu menjadi orang hebat. Sebaliknya, seorang ibu akan malu jika ia tidak mampu melahirkan anak dengan selamat dan tidak mampu mendidik anaknya dengan benar. "Berbahagialah ibu yang telah mengandung Engkau dan susu yang telah menyusui Engkau." Namun, bagi Yesus, ternyata ada yang lebih berbahagia dari seorang ibu yang menyusui, yaitu "mereka yang mendengarkan firman Allah dan yang memeliharanya" 

Tidaklah salah kita sebagai orangtua berbangga di hadapan keluarga lain bahwa anak-anak kita sudah menjadi orang besar: terhormat, berkecukupan, sukses. Jerih payah dan pengorbanan sebagai orangtua terbalaskan dengan hidup anak-anak yang baik dan berhasil. Namun, kebahagiaan seperti ini tidak dapat dibandingkan dengan kebahagiaan karena mendengarkan dan memelihara firman Allah. Firman Allah adalah sumber sukacita yang tidak hanya untuk hidup di dunia ini, tetapi terutama membawa orang pada keselamatan kekal. Bagaimana bisa menemukan kebahagiaan karena firman Allah? Jawabannya adalah dengan membaca dan merenungkannya setiap hari. 

Kesaksian dari beberapa sahabat yang mengikuti "Ayo Baca Alkitab" menunjukkan bahwa awalnya mereka merasa terpaksa untuk membaca firman Tuhan setiap hari. Namun, dalam perjalanan waktu mereka semakin menemukan hal-hal baru, terutama bahwa apa yang mereka baca itu bergema dalam hidup mereka. Setiap kali mereka membaca Kitab Suci, selalu ada hal baru yang ditemukan yang semakin menginspirasi hidup. Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk menempatkan firman Tuhan sebagai santapan pokok hidup kita. Sederhananya, membaca Kitab Suci dan merenungkannya setiap hari secara tekun. 

Ya Bapa, semoga kami semakin mencintai dan setia membacafirman-Mu setiap hari. Semoga firman itu menjadi penuntun dan penerang dalam hidup kami, yang membawa kami pada sukacita dan kegembiraan sejati. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 12 OKTOBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel