RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 9 OKTOBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 9 OKTOBER 2024

Dionisius, Yohanes Leonardus

Gal 2:1-2.7-14; Mzm 117:1.2; Luk 11:1-4.

BcO Sir 3:17-4:10

Warna Liturgi Hijau

Pada suatu kali Yesus sedang berdoa di salah satu tempat. Ketika Ia berhenti berdoa, berkatalah seorang dari murid-murid-Nya kepada-Nya: "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya." Jawab Yesus kepada mereka: "Apabila kamu berdoa, katakanlah: Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah Kerajaan-Mu. Berikanlah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan dosa kami, sebab kamipun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan."

Renungan 

Permintaan murid-murid Yesus kepada-Nya, "Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-murid-Nya" ini memunculkan sebuah pertanyaan: Bukankah setiap orang Yahudi sejak kecil sudah diajar untuk berdoa, dengan berbagai macam cara dan upacara? Yang mungkin diharapkan oleh para murid itu adalah seperangkat doa untuk didaraskan atau mungkin prinsip-prinsip dasar dalam doa. Doa itu kita kenal kemudian dengan sebutan doa "Bapa Kami" Ada lima permohonan dalam doa ini. Dua bagian pertama terkait dengan Allah dan ketiga terakhir terkait dengan pemenuhan kebutuhan kita sebagai komunitas. Dalam doa ini ada ACTS: Adoration (Adorpsi), Confession (Pengakuan Iman), Thanksgiving (Ucapan Syukur), dan Supplication (Permohonan). Doa ini menyiratkan kedalaman hubungan yang ada antara Yesus dan Bapa, sekaligus mengingatkan kita akan perjalanan sejarah iman bangsa Israel. Doa ini mengundang kita untuk masuk ke dalam keindahan hubungan tersebut. Inilah yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus. 

Untuk masuk ke dalamnya, kita perlu pemahaman mendalam tentang relasi Yesus dengan Bapa dan tonggak-tonggak kisah bangsa Israel bersama Allah. Doa ini kita perlu renungkan juga dalam peristiwa hidup kita masing-masing: pengalaman kita mengenal Allah sebagai Bapa, bagaimana menguduskan nama Allah, menantikan kehadiran kerajaan-Nya, dan juga peristiwa kejatuhan dan penyelamatan kita. Caranya adalah doakanlah doa ini dengan segenap hati, pikiran, dan pemahaman serta rasa; kita katakan kepada Allah yang ada di hadapan kita. 

Bapa, dikuduskanlah nama-Mu; datanglah kerajaan-Mu. Berilah kami setiap hari makanan kami yang secukupnya dan ampunilah dosa-dosa kami, sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 9 OKTOBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel