RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 6 OKTOBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 6 OKTOBER 2024

Hari Minggu Biasa XXVII

Kej. 2:18-24; Mzm. 128:1-2,3,4-5,6; Ibr. 2:9-11; Mrk. 10:2-16 (Mrk. 10:2-12).

BcO Sir 1:1-20

Warna Liturgi Hijau

Renungan 

Pandangan dan ajaran Tuhan Yesus tentang perkawinan dalam Injil Markus itu sangat jelas, yaitu perkawinan yang dikehendaki Allah adalah seorang laki-laki dan seorang perempuan "menjadi satu daging", yang tidak dapat dipisahkan oleh manusia. Yesus menegaskan bahwa "apa yang dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan manusia" (ay. 9). Perkawinan Katolik tidak hanya dilihat sebagai ikatan dua pribadi (laki-laki dan perempuan) atau ikatan dua keluarga atau ikatan sosial, tetapi sebuah panggjlan hidup yang berasal dari Allah: penggilan untuk bersatu (unifikasi) dan menjadi rekan Allah dalam menghadirkan kehidupan baru (prokreasi). Ini pandangan dasar yang perlu dipegang, diamini, dan diperjuangkan dengan sungguh-sungguh. 

Pernyataan ini mau mengoreksi pertanyaan orang Farisi yang berbicara soal "boleh atau tidak seorang suami menceraikan istrinya". Mereka menggunakan pertimbangan pastoral Musa yang memberikan "izin" menceraikan istrinya dengan membuat surat cerai untuk menegaskan status pihak wanita yang diceraikan, yang dipakai dalam situasi khusus. Tentu saja pola pikir ini dipakai dengan sengaja untuk "menjebak atau mencobai" Yesus. Mereka mengajukan pertanyaan itu agar mereka memiliki alasan untuk menghakimi Yesus, bukaq murni dari pencarian mereka akan kemelut hidup yang mereka alami. 

Dalam hidup, tidak jarang - karena situasi konflik dan pergumulan yang tak kunjung selesai - beberapa pasangan Katolik bertanya: Apakah orang Katolik boleh cerai atau tidak? Pertanyaan ini sering kali kita dengan atau bahkan kita sendiri yang mengajukan. Kita tahu bahwa sampai saat ini ciri perkawinan Katolik adalah tidak mengenal cerai. Sebab apa yang dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia. 

Pandangan tentang perkawinan yang tidak terceraikan ini tidak melupakan bahwa dalam kehidupan real perkawinan ada situasi-situasi berat dan tidak mudah karena berbagai macam alasan, entah karena kurangnya pengenalan pribadi, cara berpikir perkawinan duniawi yang berdasar pada cocok dan tidak cocok, masalah ekonomi, keluarga besar ataupun ketidaksetiaan salah satu pasangan. Gereja menyadari bahwa bahtera keluarga Katolik juga kerap dihantam berbagai badai. Karena itu, Gereja terus mengusahakan dan mendoakan agar keluarga-keluarga Katolik tetap berkomitmen dengan janji pernikahan. 

Keputusan untuk memperbaiki dan membangun kembali perkawinan yang rusak adalah hal yang pertama dan utama kita usahakan. Kita diminta untuk secara kreatif mencari cara-cara yang mungkin dan membutuhkan kesabaran. Meskipun demikian, ada situasi-situasi khusus, Gereja juga menolong pasangan yang kesulitan untuk berdisermen dalam mengambil keputusan yang terbaik dan mungkin, untuk menghindari keburukan yang lebih besar jika keputusan itu tidak diambil. 

Ya Bapa, terima kasih atas anugerah dan panggilan perkawinan. Semoga kami selalu mengusahakan apa yang baik dalam perkawinan supaya relasi kami semakin menjadi "satu daging" dan semakin mencerminkan kasih dan setia-Mu yang mengatasi kelemahan dan kerapuhan kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 6 OKTOBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel