RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 OKTOBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 10 OKTOBER 2024

Hari Biasa

Gal 3:1-5; MT Luk 1:69-70.71-72.73-75; Luk 11:5-13.

BcO Sir 5:1-6:4

Warna Liturgi Hijau

Lalu kata-Nya kepada mereka: "Jika seorang di antara kamu pada tengah malam pergi ke rumah seorang sahabatnya dan berkata kepadanya: Saudara, pinjamkanlah kepadaku tiga roti, sebab seorang sahabatku yang sedang berada dalam perjalanan singgah ke rumahku dan aku tidak mempunyai apa-apa untuk dihidangkan kepadanya; masakan ia yang di dalam rumah itu akan menjawab: Jangan mengganggu aku, pintu sudah tertutup dan aku serta anak-anakku sudah tidur; aku tidak dapat bangun dan memberikannya kepada saudara. Aku berkata kepadamu: Sekalipun ia tidak mau bangun dan memberikannya kepadanya karena orang itu adalah sahabatnya, namun karena sikapnya yang tidak malu itu, ia akan bangun juga dan memberikan kepadanya apa yang diperlukannya. Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Bapa manakah di antara kamu, jika anaknya minta ikan dari padanya, akan memberikan ular kepada anaknya itu ganti ikan? Atau, jika ia minta telur, akan memberikan kepadanya kalajengking? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Renungan 

Setelah mengajarkan doa Bapa Kami, Yesus mengajar para murid-Nya untuk tekun dalam doa. Tekun dalam doa bermakna lebih luas daripada sekadar doa terus-menerus dan tekun memohon kepada Allah untuk kepentingan kita. la bersabda, "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagimu." Tiga kata kerja ini adalah rangkaian kata yang mengungkapkan gradualitas. Pada bagian akhir pengajaran-Nya, Yesus menunjuk pada Allah Bapa yang akan memberikan yang terbaik kepada anak-ånak-Nya. 

Doa adalah sebuah komunikasi, bukan sekadar meminta dan menerima. Meminta dan menerima adalah bagian dari sebuah relasi besar kita dengan Allah. Relasi dan komunikasi inilah yang perlu terus-menerus dibangun antara Bapa dan anak dalam doa. Doa ibarat relasi dan komunikasi yang terjadi di keluarga kita. Kita berkomunikasi satu sama lain bukan ketika kita perlu saja, melainkan juga ketika kita ingin berbagi hati, pikiran, dan perasaan kepada anggota keluarga kita atau sebaliknya, yakni kita ingin mendengar hati, pikiran, dan perasaan anggota keluarga kita. Ketika komunikasi berjalan baik, relasi juga semakin erat dan semakin dekat. 

Marilah kita tekun dalam doa, dalam komunikasi dengan Allah, sebagai sebuah kebiasaan hidup harian kita agar relasi kita semakin mendalam dan erat dengan-Nya. 

Ya Bapa, semoga kami selalu tekun menjalani hidup doa harian kami sehingga kami semakin mengenal kehendak dan rencana-Mu dalam hidup kami, dan dengan setia mengikuti bimbingan-Mu. Amin.  


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 10 OKTOBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel