RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 24 SEPTEMBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 24 SEPTEMBER 2024

Hari Biasa

Ams 21:1-6.10-13; Mzm 119:1.27.30.34.35.44; Luk 8:19-21.

BcO Tb 3:7-17

Warna Liturgi Hijau

Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak. Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau." Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

Renungan 

Allah tidak menghendaki kita untuk hidup sendirian, tetapi bersama orang lain. Dia memberi kita banyak kesempatan untuk membangun hubungan dengan keluarga, teman, sesama, dan rekan kerja. Mengapa Yesus tampaknya mengabaikan sanak saudara-Nya sendiri ketika mereka mendesak untuk bertemu dengan Dia? Yesus tidak pernah kehilangan kesempatan untuk mengajarkan kepada murid-murid-Nya pelajaran rohani atau kebenaran tentang Kerajaan Allah. 

Pada kesempatan ini, ketika banyak orang berkumpul untuk mendengarkan Yesus, la hendak menunjukkan kekerabatan rohani dalam tingkat yang lebih tinggi, yaitu keluarga Allah. Seorang martir pada abad-abad pertama pernah mengatakan bahwa "satu-satunya kerabat seorang Kristen adalah orang-orang kudus". Mereka yang mengikuti Yesus Kristus dan yang mencari kehendak Allah masuk ke dalam sebuah keluarga yang baru, sebuah keluarga "orang-orang kudus" di bumi dan di surga. Yesus mengubah tatanan hubungan sambil memperlihatkan bahwa kekerabatan yang sejati bukan hanya masalah darah dan daging. Pengangkatan kita sebagai putra dan putri Allah mengubah semua hubungan kita dan menuntut tatanan baru kesetiaan kepada Allah dan kerajaan-Nya. 

Kita tentu saja harus berdoa untuk mereka, mengusahakan kebaikan bagi mereka, dan mencari cara untuk mewartakan sukacita Injil bagi mereka. Persahabatan sejati di antara pengikut Kristus seharusnya menguatkan kita dalam kasih kita kepada Allah dan sesama. Apakah kita mencari sahabat yang benar dan apakah kita sedang mencari cara untuk menolong orang lain agar bertumbuh dalam pengetahuan dan hikmat akan Allah dan kehendak-Nya bagi kehidupan mereka? 

Bapa Surgawi, Engkau memberkati kami dengan keluarga dan teman-teman, baik yang rohani maupun yang jasmani. Tolonglah kami untuk mengasihi mereka dengan cinta kasih. Semoga kami selalu memilih kehendak-Mu dan berusaha melakukan apa yang benar dan baik dalam semua relasi kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 24 SEPTEMBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel