RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 OKTOBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 1 OKTOBER 2024

Pesta St. Teresia dr Kanak-kanak Yesus,

Yes. 66:10-14c atau 1 Kor. 12:31-13:13; Mzm. 131:1,2,3; Mat. 18:1-5.

BcO Ydt. 6:1-21; 7:1,4-5

Warna Liturgi Putih

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku."

Renungan 

Jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga" (ay. 3). Dengan kata kiasan ini Tuhan mau mengajak setiap pendengar dan orang yang mengikuti-Nya untuk tidak mencari atau memperebutkan kekuasaan atau kedudukan, tetapi memiliki sikap rendah hati dan kesediaan untuk belajar dan taat. 

Kata-kata Tuhan Yesus ini menjadi inspirasi dan penghayatan hidup Santa Teresia sebagaimana terungkap dalam tulisannya sehingga ia dikenal dengan sebutan Bunga Kecil Yesus. Tulisan-tulisan rohaninya selama sakit dan ketidakberdayaannya sampai ia meninggal pada usia 24 tahun sarat dengan pengalaman rohani yang kaya akan kasih Allah. Dalam salah satu tulisannya, ia mengungkapkan bahwa setiap orang harus menjauhkan diri dari sikap ambisi yang berlebihan, mengenakan kerendahan hati dan membangun pertobatan terus-menerus. la berkata, "Tuhan tidak menginginkan kita untuk melakukan ini ataupun itu. la ingin kita mencintai-Nya." Di biara, Santa Teresia dari Kanak-Kanak Yesus melayani Yesus melalui doa dan pelayanannya yang sederhana kepada komunitas. Karena ketekunannya untuk berdoa bagi para misionaris dan sikap hatinya yang peduli kepada orang lain, oleh Paus ia dijadikan sebagai Pelindung Misionaris. 

Keterbatasan dan sakit yang kita alami tidak seharusnya mengurung kita, yang membuat kita tidak mengalami kasih Tuhan dan berhenti memikirkan-melayani orang lain. Justru Allah semakin dan lebih mengasihi kita pada saat-saat hidup kita terpuruk. Kekuatan hidup seperti ini tidak muncul secara spontan, tetapi dilatih dari kehidupan keluarga kita sehari-hari dan lingkungan hidup kita. Keluarga dan lingkungan hidup kita dapat menjadi peluang untuk membentuk diri kita menjadi pribadi sederhana dan luar biasa seperti Santa Teresia. Pengalaman akanAIIah tidak hanya kita temukan dalam peristiwa-peristiwa besar hidup kita, tetapi juga dalam pengalaman harian kita. Hidup rohani kita tidak diukur berdasar pada hal hebat yang kita lakukan, tetapi pada hal-hal harian kita, dalam suka-duka, yang kita hayati dengan cinta yang besar akan Allah. 

Ya Bapa, semoga kerendahan hati dan semangat pertobatan Santa Teresia menjadi inspirasi dan teladan hidup kami. Semoga kami mengerjakan hal-hal sederhana dengan penuh kasih dan cinta sebagaimana kami melakukannya bagi-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 1 OKTOBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel