RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 28 SEPTEMBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 28 SEPTEMBER 2024

Wenseslaus, Laurensius Ruiz

Pkh 11:9-12:8; Mzm 90:3-4.5-6.12-13.14.17; Luk 9:43b-45.

BcO Tb 10:7c-11:15

Warna Liturgi Hijau

Maka takjublah semua orang itu karena kebesaran Allah. (9-43b) Ketika semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia." Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

Renungan 

Yesus memberikan kepada para rasul-Nya daya dan kuasa untuk berbicara dan bertindak atas nama-Nya — untuk mengusir roh-roh jahat, menyembuhkan penyakit-penyakit, dan menyampaikan firman Allah. Ketika Yesus berbicara tentang daya dan otoritas, la melakukan sesuatu yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Dia menggabungkan daya dan kuasa dengan kasih dan kerendahan hati. "Dunia" dan "keinginan daging" selalu mencari kuasa untuk kepentingannya sendiri. Namun, Yesus mengajarkan kepada kita untuk menggunakannya demi kebaikan sesama. 

Mengapa Yesus memerintahkan para rasul untuk "berjalan dengan ringan tanpa beban" dengan sedikit atau tanpa bekal? Agar roh "kemiskinan" mampu membebaskan kita dari ketamakan dan kemelekatan akan harta benda dan memberikan ruang yang cukup untuk Allah yang menyediakan semuanya. Yesus menghendaki para murid-Nya bergantung kepada-Nya dan bukan kepada diri mereka sendiri. Dia ingin bekerja untuk keselamatan manusia, melalui dan di dalam diri kita masing-masing. Apakah kita siap untuk membawa daya dan kuasa yang ingin Tuhan lakukan atas nama-Nya? 

Tuhan memercayakan karunia dan talenta-Nya kepada kita. Apakah kita ingin menempatkan diri kita dalam pelayanan-Nya, melakukan apa pun yang Dia perintahkan kepada kita, dan memberikan kesaksian akan kebenaran dan kuasa penyelamatan-Nya kepada siapa pun yang merindukan keselamatan Allah? 

Tuhan, jadikanlah kami saluran rahmat dan kasih yang menyembuhkan sehingga orang lain dapat menemukan hidup dan kebebasan dalam Engkau. Bebaskanlah kami dari segala kemelekatan sehingga kami boleh mengejar hal-hal surgawi dengan penuh sukacita. Semoga kami mampu memberikan kesaksian akan sukacita injili, baik dalam kata maupun perbuatan. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 28 SEPTEMBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel