RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 14 SEPTEMBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 14 SEPTEMBER 2024

Pesta Pemuliaan Salib Suci

Bil. 21:4-9 atau Flp. 2:6-11; Mzm. 78:1-2,34-35,36-37,38; Yoh. 3:13-17

BcO Gal. 2:19-3:7,13-14; 6:14-18

Warna Liturgi Merah

Tidak ada seorangpun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Renungan 

Yesus berbicara kepada Nikodemus tentang "kelahiran kembali dari Roh". Secara sederhana,  Yesus berkata kepada Nikodemus, "Nikodemus, Engkau dapat mendengar, merasakan, dan melihat dampak dari angin, tetapi engkau tidak tahu dari mana angin itu berasal. Dengan cara yang sama, Engkau dapat melihat dampak yang ditimbulkan dari Roh Kudus dalam kehidupan orang-orang yang dijamah oleh Roh Kudus." Selain itu, Yesus juga menjelaskan kepada Nikodemus tentang pentingnya penyaliban dan kebangkitan diri-Nya. Dia menganalogikannya dengan Musa dan ular tembaga di padang gurun. 

Ketika bangsa Israel digigit ular di padang gurun karena dosa mereka, Allah memerintahkan Musa, "Buatlah ular tedung dan taruhlah pada sebatang tiang. Setiap orang yang dipagut, tetapi melihatnya, akan tetap hidup" (Bil. 21:8). Ular tembaga menunjuk kepada salib Kristus yang mengalahkan dosa dan maut serta memberikan hidup yang kekal bagi mereka yang percaya. Dengan Yesus yang "ditinggikan di atas kayu salib" dan kebangkitan serta peninggian-Nya di sebelah kanan Bapa di surga, terjadilah apa yang disebut "kelahiran kembali dari Roh" dan pengangkatan kita sebagai anak-anak Allah. Allah tidak hanya menebus kita, tetapi juga memenuhi kita dengan kehidupan dan kuasa ilahi-Nya sehingga kita dapat berbagi dalam kemuliaan-Nya. 

Yesus memberikan Roh Kudus kepada kita sehingga kita dapat memiliki kuasa untuk menjadi saksi-saksi-Nya dan untuk menyebarkan serta membela Injil dengan perkataan dan tindakan, dan untuk tidak pernah merasa malu akan salib Kristus. 

Tuhan Yesus, kematian-Mu telah membawa kehidupan bagi kami. Penuhilah kami dengan Roh Kudus-Mu sehingga kami dapat hidup dalam kebebasan dan sukacita sebagai anak Allah dan sebagai ahli waris Kerajaan Surga bersama-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 14 SEPTEMBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel