RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 25 SEPTEMBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 25 SEPTEMBER 2024

Hari Biasa

Ams 30:5-9; Mzm 119:29.72.89.101.104.163; Luk 9:1-6.

BcO Tb 4:1-5.19-21; 5:1-16

Warna Liturgi Hijau

Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Renungan 

Raja Herodes sangat menghormati dan takut kepada Yohanes Pembaptis sebagai seorang nabi dan hamba Allah yang besar. Sementara itu, Yohanes tidak takut untuk mengkritik Raja Herodes karena telah melakukan pernikahan yang tidak sah dengan Herodias. Herodes, karena dorongan hati dan keinginan untuk menyenangkan keluarga dan teman-temannya, memerintahkan agar kepala Yohanes dipenggal. Sekarang, hati nuraninya terombang-ambing dan merasa cemas ketika ia mendengar beberapa orang mengatakan bahwa Yohanes Pembaptis telah bangkit. 

Pada saat yang sama, Herodes ingin bertemu Yesus lebih karena rasa ingin tahu daripada karena keinginan yang tulus untuk mengenal Allah dan firman-Nya. Herodes adalah tipikal orang yang plin-plan, tidak berpikir panjang dalam mengambil keputusan, dan berusaha ingin tahu akan banyak hal. Akibatnya, ia mudah cemas oleh berita-berita yang datang silih berganti di hadapannya. 

Tidak jarang kita jatuh dalam mentalitas Herodes. Karena itu, kita perlu memperoleh kasih karunia Allah agar mampu membebaskan kita dari tirani dosa serta memampukan kita untuk menolak apa yang salah dan memilih apa yang baik. Apakah kita telah membiarkan kasih karunia-Nya memenuhi diri kita dengan iman dan keberanian untuk mengatakan dan melakukan apa yang benar? 

Bapa Surgawi, ciptakanlah dalam diri kami keserupaan dengan Putra-Mu dan tanamkanlah kehidupan-Nya dalam diri kami sehingga kami dapat menjadi serupa dengan Dia dalam perkataan dan perbuatan. Tambahkanlah kerinduan kami untuk melakukan kehendak-Mu dan tolonglah kami untuk mengetahui kuasa penyelamatan dari kasih-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 25 SEPTEMBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel