RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 15 SEPTEMBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 15 SEPTEMBER 2024

Hari Minggu Biasa XXIV

Yes. 50:5-9a; Mzm. 116:1-2,3-4,5-6,8-9; Yak. 2:14-18; Mrk. 8:27-35.

BcO Est 1:1-3.9-16.19; 2:5-10.16-17

Warna Liturgi Hijau

Renungan 

Para murid telah cukup lama mengikuti Yesus. Mereka tinggal dalam kebersamaan. Pada saat yang tepat, Yesus kemudian menguji mereka dengan sebuah pertanyaan yang sangat penting, "Kata orang, siapakah Aku ini" dan "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Yesus dikenal luas di Israel sebagai hamba Allah yang berkuasa. Dia disejajarkan dengan para nabi besar, Yohanes Pembaptis, Elia, dan Yeremia. Berbeda dengan pendapat banyak orang, Petrus, yang bersama Yesus secara dekat, mengakui bahwa Yesus adalah Mesias atau Kristus, yang berarti "Dia-Yang-Diurapi". 

Namun, pengakuan iman Petrus memperoleh ujiannya ketika Yesus menjelaskan bahwa Mesias harus menderita dan mati agar karya penebusan Allah dapat digenapi. Betapa para murid terkejut ketika mereka mendengar kata-kata ini! Dalam pandangan mereka, seorang Mesias tidak mungkin akan mengalami penderitaan. Tidak mungkin orang yang dipilih Allah harus mati dengan cara yang hina, yaitu disalibkan. Terlebih lagi, mereka yang mengikuti Mesias seperti ini harus mengalami hal yang sama dengan Dia yang diikuti, yaitu menyangkal diri dan memikul salib. 

Dengan menyandang gelar 'orang Kristen', kita membawa tugas "Kristus" dalam diri kita. Dengan pembaptisan, kita telah diurapi, kita telah menjadi 'Kristus' meskipun belum penuh. Dalam perjalanan selanjutnya, kita akan menjadi serupa dengan Kristus dengan segala macam penderitaan dalam hidup ini. Sebagaimana melalui penghinaan, penderitaan, dan kematian di kayu salib, Yesus telah mematahkan kuasa dosa dan maut dan memenangkan keselamatan kita, demikian pula dengan kita. Penderitaan dalam hidup mendewasakan kita sebagai manusia Kristiani. 

Tuhan Yesus, kuatkanlah iman kami dan tolonglah kami agar hidup dalam kemenangan salib dengan menolak dosa dan menerima kehendak-Mu. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 15 SEPTEMBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel