RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 19 SEPTEMBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 19 SEPTEMBER 2024

Yanuarius

1Kor 15:1-11; Mzm 118:1-2.16ab-17.28; Luk 7:36-50.

BcO Est 5:1-14; 7:1-10

Warna Liturgi Hijau

Renungan 

Tidak ada seorang pun yang bertemu Yesus, kemudian bersikap acuh tak acuh. Mereka tertarik kepada-Nya atau ditolak oleh-Nya. Mengapa seorang Farisi mengundang Yesus makan malam yang menyenangkan dan kemudian memperlakukan-Nya dengan sedikit rasa hormat? Simon, orang Farisi ini, mungkin orang yang terkenal. Namun, ia berani mengkritik Yesus yang berlaku penuh kasih terhadap "perempuan yang berdosa" — kemungkinan besar seorang pelacur. 

Beberapa orang Farisi menjauhi kelompok "orang yang dianggap berdosa" sehingga mereka lalai untuk memberikan pertolongan bagi mereka yang mémbutuhkan kesembuhan dan pemulihan diri. Yesus kemudian mengajar tentang pengampunan dengan perumpamaan orang yang dihapuskan utangnya. Perumpamaan ini mirip dengan perumpamaan tentang hamba seorang raja yang telah banyak diampuni, tetapi justru bersikap sebagai orang yang tidak kenal belas kasihan (lih. Mat. 18:23—35). Orang seperti ini benar-benar tidak berperasaan karena ia tidak percaya pada kasih, tidak dapat menerimanya dan tidak dapat memberikannya. Siapakah yang paling patut dikasihani? 

Mereka yang tidak dapat menerima kasih atau mereka yang tidak dapat memberi kasih? Yesus menjelaskan bahwa kasih yang besar muncul dari hati yang telah diampuni dan disucikan. Ungkapan kasih yang begitu besar dari perempuan itu adalah bukti bahwa ia telah berkenan kepada Allah. Simon, yang menganggap dirinya sebagai orang Farisi yang taat, tidak merasa perlu akan belas kasihan. Kemandiriannya membuat dia tidak mengakui kebutuhannya akan kasih karunia Allah. Apakah kita bersyukur atas belas kasihan Allah? 

Ya Tuhan, penuhilah hati kami dengan kasih dan rasa syukur atas belas kasihan yang telah Engkau tunjukkan, serta berikanlah kepada kami kebebasan dan sukacita untuk mengasihi dan melayani orang lain seperti yang telah Engkau ajarkan. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 19 SEPTEMBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel