RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 SEPTEMBER 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 27 SEPTEMBER 2024

Perayaan Wajib

St. Vinsensius a Paulo

Pkh 3:1-11; Mzm 144:1a.2abc.3-4; Luk 9:18-22;

BcO Tb 7:1.8b-17; 8:5-13

Warna Liturgi Putih

Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: "Kata orang banyak, siapakah Aku ini?" Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit." Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun. Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

Renungan 

Banyak orang di Israel mengenal Yesus sebagai hamba Allah yang agung. Bahkan, mereka membandingkan-Nya dengan para nabi besar. Petrus, yang selalu cepat tanggap, mengakui bahwa Yesus adalah sungguh-sungguh Mesias atau Kristus. Melalui mata iman, Petrus memahami siapa Yesus sebenarnya. Dia adalah rasul pertama yang secara terbuka mengakui Yesus sebagai Dia Yang Diurapi (Ibrani: Mesias, Yunani: Kristus). Namun, iman Petrus diuji ketika Yesus menjelaskan bahwa Mesias harus menderita dan mati agar karya penebusan Allah dapat digenapi. 

Betapa terkejutnya para murid ketika mendengar perkataan ini! Betapa berbedanya pikiran dan jalan Allah dengan pikiran dan jalan kita! Melalui penghinaan, penderitaan, dan kematian di kayu salib, Yesus telah mematahkan kuasa dosa dan maut serta memenangkan keselamatan kita. Jika kita ingin mengambil bagian dalam kemenangan Kristus, kita juga harus memikul salib kita dan mengikuti-Nya ke mana pun Dia menuntun kita. Apakah "salib" yang harus dipikul masing-masing dari kita? Ketika kehendak kita berbeda dengan kehendak Allah maka kehendak-Nya yang harus didahulukan untuk dijalankan. Mengenal Yesus Kristus berarti mengenal kuasa kematian dan kebangkitan-Nya. Roh Kudus akan memberi kita karunia iman untuk mengenal Yesus secara pribadi, kekuatan untuk menghidupi Injil dengan setia, dan keberanian untuk bersaksi kepada orang lain tentang sukacita dan kebenaran Injil. Menurut kita masing-masing, siapakah Yesus itu? 

Tuhan, kami percaya dan mengakui bahwa Engkau adalah Kristus, Anak Allah yang hidup. Terimalah kehendak kami, hidup kami, dan semua yang kami miliki agar kami menjadi milik-Mu sepenuhnya sekarang dan selama-lamanya. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 27 SEPTEMBER 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel