RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 13 AGUSTUS 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 13 AGUSTUS 2024

Pontianus, Hippolitus

Yeh. 2:8-3:4; Mzm. 119:14.24.72.103.111.131; Mat. 18:1-5.10.12-14.

BcO Za. 9:1-10:2.

Warna Liturgi Hijau

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku." Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga. "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."

Renungan 

Yesus dalam Injil hari ini menantang para murid untuk bertobat dan bisa menjadi seperti anak kecil. Hal itu disampaikan-Nya sebagai syarat untuk masuk dalam Kerajaan Surga. Yesus meminta para murid-Nya, baik yang dahulu ada, sekarang, maupun pada masa yang akan datang, untuk bertobat dan rendah hati seperti seorang anak kecil. Yesus berkata, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga. Oleh sebab itu, siapa saja yang merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga" (ay. 3-4). 

Mengapa kita harus seperti anak kecil? Apa yang dimiliki seorang anak kecil sehingga kita diminta untuk menjadi sepertinya? Anak kecil adalah seorang yang bergantung pada orang dewasa. la mengetahui bahwa ia tidak bisa mendapat makanan kalau tidak bergantung pada orang tuanya. Demikianlah hendaknya hubungan kita dengan Allah. Bahwasanya, kita sepenuhnya tergantung pada-Nya. Dialah sumber segala yang kita punya dan kita raih. Karena\itu, kita mesti rendah hati untuk datang kepada-Nya: memohon dan sujud menyembah-Nya. Jika demikian, Allah sungguh berbahagia layaknya seorang gembala yang bergembira karena menemukan seekor dombanya yang tersesat di padang, dan ia mencarinya sampai dapat, bahkan dengan harus meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor (bdk. ayat 12-13). 

Tuhan, berikanlah kami hati yang terbuka dan selalu bersedia menerima serta mengampuni siapa pun yang bersalah kepada kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 13 AGUSTUS 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel