RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 8 AGUSTUS 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 8 AGUSTUS 2024

Perayaan Wajib St. Dominikus

Yer 31:31-34; Mzm 51:12-13.14-15.18-19; Mt 16:13-23;

BcO Yl 3:9-21

Warna Liturgi Putih

Renungan 

Tuhan memulihkan seseorang dengan cara-Nya. la memberikan status yang baru: Dari hamba dosa menjadi anak Allah; memberikan benih hidup kekal dalam hati orang tersebut. Benih hidup inilah yang memungkinkan orang itu bertumbuh dalam kehidupan rohani dan berproses dalam kesucian menyerupai Kristus. Tuhan akan menggantikan Perjanjian Sinai yang telah dilanggar umat Israel dengan Perjanjian Baru. "Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku" (Yer. 3 1 :33b). 

Dalam Injil hari ini, Yesus ingin mengetahui pendapat para murid tentang diri dan ajaran-Nya, antara pendapat dan sikap mereka selama berkenalan dan tinggal bersama Dia. Namun, sebelum itu, la menanyakan pendapat dan sikap masyarakat tentang diri-Nya. Pasalnya, pendapat yang muncul mungkin saja karena pengaruh dari luar, bukan dari hati mereka, yakni mengenal dengan baik dan benar tentang Dia. 

Kita semestinya mengenal Yesus secara pribadi dan lebih dekat. Bersama Petrus, kita tiba pada kesimpulan bahwa Yesus adalah Mesias, Anak Allah yang hidup. Dia datang ke dunia untuk menebus kita dengan jalan kematian-Nya di kayu salib, meskipun tidak dapat diterima oleh akal Petrus. Kematian, bagi Tuhan Yesus, bukan berarti kekalahan atau kegagalan, melainkan kematian-Nya justru mengalahkan maut dan dosa. 

Tuhan, sucikanlah hati dan budi kami agar kami semakin mengenal Engkau. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 8 AGUSTUS 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel