RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 JULI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 23 JULI 2024

Birgitta

Mi 7:14-15.18-20; Mzm 85:2-4.5-6.7-8; Mat 12:46-50.

BcO Ayb 13:13-14:6

Warna Liturgi Putih

Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau." Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Renungan 

Sampai hari ini belum pernah terdengar ada orang yang mengaku keturunan Tuhan Yesus dan mengklaim memiliki keistimewaan tertentu karena masih ada hubungan saudara atau saudari dengan Yesus. Selain karena peristiwa historisnya sudah 2000 tahun silam, mungkin juga karena kisah Injil hari ini. Yesus sendiri mengumumkan, "Sebab, siapa saja yang melakukan kehendak Bapa-Ku di surga, dialah saudara-Ku laki-laki, saudara-Ku perempuan, dan ibu-Ku." Syarat utama menjadi saudara-saudari Yesus bukanlah pada keturunan lahiriah, melainkan "melakukan kehendak Bapa". 

Sementara itu, ketika orang bertanya, "Siapakah Bapa dan kehendak-Nya?" Kitab Mikha dalam Bacaan Pertama menerangkan bahwa Bapa ialah Dia "yang mengampuni dosa dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia". la menyayangi kita, menghapus kesalahan kita, dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut. Dia juga menunjukkan kesetiaan-Nya kepada Yakub dan kasih kepada Abraham seperti yang telah 

la janjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang kita sejak zaman purbakala. Allah Bapa penuh kasih setia. la menghendaki kita memiliki kasih setia yang sama kepada-Nya dan setia pada perjanjian. Dialah Allah kita dan kita umat-Nya, yang melaksanakan kehendak-Nya dan menjadi saudara dan saudari Yesus, Putra-Nya. 

Ya Tuhan, jadikanlah kami putra dan putri-Mu yang setia. Semoga kami panjang sabar dan berlimpah kasih setia sebagaimana yang Engkau tunjukkan kepada kami, umat kesayangan-Mu. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 23 JULI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel