RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 17 JULI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 17 JULI 2024

Hari Biasa

Yes 10:5-7.13-16; Mzm 94:5-6.7-8.9-10.14-15; Mat 11:25-27.

BcO Ayb 4:1-21

Warna Liturgi Hijau

Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Renungan 

Dalam doa-Nya kepada Bapa, Yesus bersyukur karena hal Kerajaan Surga itu disembunyikan dari orang bijak dan pandai, tetapi dinyatakan kepada orang kecil. Apa yang istimewa dari "orang kecil" sehingga rahasia ini dinyatakan kepada kelompok ini? "Orang kecil" adalah mereka yang sederhana yang tidak mempunyai kapasitas memegahkan diri sendiri, tetapi sungguh berpasrah kepada Tuhan. Inilah orang-orang yang sungguh mengenal dan mengandalkan Tuhan dalam hidup mereka. 

Inilah kelompok orang yang tahu diri, tidak seperti "Asyur" yang dicela Tuhan sebagaimana dikisahkan dalam Bacaan Pertama hari ini. "Sungguh celaka Asyur, cambuk murka-Ku yang tangannya memegang tongkat amarah-Ku!" (Yes. 10:5) Karena ia memiliki niat hati yang tidak sesuai maksud Tuhan; la hendak memusnahkan dan hendak melenyapkan banyak bangsa dan merasa melakukan semuanya dengan kekuatan tangan dan dengan kebijaksanaannya sendiri. 

"Sebab itu, Tuhan, TUHAN semesta alam, akan membuat tentara mereka yang tegap menjadi kurus kering oleh penyakit, sebagai ganti kemuliaannya ia dibakar habis oleh kobaran api" (Yes. 10:16). 

Marilah kita belajar menjadi "orang kecil" yang tahu diri dan mengandalkan Tuhan dalam hidup kita. Dengan demikian, Tuhan menyingkapkan rencana dan kehendak-Nya kepada kita; yang membawa kita pada sukacita sejati dan keselamatan kekal. 

Ya Tuhan, kuatkanlah kami agar selalu tahu diri dan tidak memegahkan diri sendiri. Buatlah kami rendah hati, ya Tuhan. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 17 JULI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel