RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 AGUSTUS 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 1 AGUSTUS 2024

Perayaan Wajib

St. Alfonsus Maria de Liguori

Yer. 18:1-6; Mzm. 146:2abc.2d-4.5-6; Mat. 13:47-53;

BcO Ayb 38:1-30; 40:1-5.

Warna Liturgi Putih

"Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan. Setelah penuh, pukat itupun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Demikianlah juga pada akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang benar, lalu mencampakkan orang jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi. Mengertikah kamu semuanya itu?" Mereka menjawab: "Ya, kami mengerti." Maka berkatalah Yesus kepada mereka: "Karena itu setiap ahli Taurat yang menerima pelajaran dari hal Kerajaan Sorga itu seumpama tuan rumah yang mengeluarkan harta yang baru dan yang lama dari perbendaharaannya." Setelah Yesus selesai menceriterakan perumpamaan-perumpamaan itu, Iapun pergi dari situ.

Renungan 

Sebuah bejana tanah liat dikerjakan oleh tukang periuk dengan sangat telaten sehingga menghasilkan bejana yang indah dan bagus. Bila bejana itu rusak atau retak di tangannya maka si tukang periuk itu akan mengerjakan kembali menjadi bejana lain sesuai keinginannya. Hidup kite itu ibarat bejana dari tanah liat yang gampang rusak, retak, dan hancur. Kita mudah jatuh dalam godaan duniawi yang menyesatkan, bahkan terjerumus ke dalam lembah dosa yang paling gelap sehingga hidup kita terpecah-pecah atau retak. 

Bila bejana tanah liat yang rusak dapat diperbaiki oleh tukang periuk maka manusia pun dalam tangan Tuhan mendapat pengampunan dosa dan belas kasih. Hal ini terjadi apabila orang mau mendengarkan Tuhan dan melaksanakan perintah-Nya. Sebaliknya, orang yang acuh tak acuh dan tidak mau mendengarkan Tuhan akan dicampakkan dan dibuang ke luar. " ... ikan yang baik dikumpulkan ke dalam tempayan, dan ikan yang tidak baik mereka dibuang" (Mat. 13:48). 

Allah Yang Maha Baik, bimbinglah dan lindungilah kami agar mampu merawat dan menjaga hati dan jiwa kami supaya selalu patuh dan setia dalam menjalankan kehendak-Mu. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 AGUSTUS 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel