RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 AGUSTUS 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 2 AGUSTUS 2024

Eusebius Vercelli,,Petrus Yulianus Eymard

Yer. 26:1-9; Mzm. 69:5.8-10.14; Mat. 13:54-58.

BcO Ayb 40:6-24; 42:1-6

Warna Liturgi Hijau

Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu? Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas? Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya." Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.

Renungan 

Sebagai nabi atau pembawa berita Allah, Yeremia dalam Bacaan Pertama dengan lantang menyampaikan pesan Tuhan. Kendati mendapat tantangan dan perlawanan yang keras dari pemuka dan seluruh bangsa Israel, dia tidak gentar. la dengan tegas dan berani mengecam siapa pun yang bersalah, termasuk para pemimpin Israel, baik pemimpin pemerintahan maupun pemimpin agama. la berani melawan segala bentuk praktik ketidakadilan yang terjadi. la memberitakan hukuman Allah bagi orang-orang Israel bila tidak bertobat dan mendengarkan Tuhan. 

Sementara Injil hari ini mengisahkan bahwa Yesus mengalami penolakan di Nazaret, tempat asaI-Nya. Orang-orang di kampung halaman-Nya lebih mempersoalkan asal-usul-Nya daripada pesan pembebasan yang la sampaikan. Mereka pun kecewa dan menolak Dia dan pewartaan yang la sampaikan. Karena ketidakpercayaan mereka itu maka tidak banyak terjadi mukjizat di situ. "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di kampung halamannya dan di rumahnya" (ay. 57). 

Mari kita membuka hati untuk warta pembebasan dari Tuhan. Hanya dengan demikianlah, kita akan mencapai hidup yang autentik. Karena hidup kita dibangun di atas dasar yang kukuh, yakni firman Tuhan sendiri, dan kita dituntun-Nya pada jalan kasih, jalan kebenaran, dan jalan penuh pengharapan. Tuhan datang mengunjungi kita dan la menyampaikan kabar sukacita bagi kita. Maka, sendengkanlah telinga kita untuk mendengarkan titah-Nya. 

Ya Tuhan, bukalah hati kami untuk berani menerima teguran dan peringatan-MU, baik melalui orang lain maupun peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 AGUSTUS 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel