RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 12 JULI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 12 JULI 2024

Hari Biasa

Hos 14:2-10; Mzm 51:3-4.8-9.12-13.14.17; Mat 10:16-23.

BcO Ams 15:8-30; 16:1-9

Warna Liturgi Hijau

"Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

Renungan 

Yesus mengutus para murid dan kita semua ke tengah-tengah dunia yang penuh tantangan. la menggambarkan, "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala." Domba adalah hewan lemah-lembut di tengah serigala yang garang dan siap menerkam mangsanya. Para murid ditempatkan di tengah dunia berbahaya. Bahkan, dengan gamblang diingatkan akan dicambuk oleh para majelis agama, digiring ke hadapan para penguasa, dibenci dan dianiaya. Karena itu, kita harus cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati serta selalu tenang, tidak khawatir karena nanti”... bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu. Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu." 

Murid yang diutus dan kita diharapkan bijaksana memahami kehendak Tuhan ini, sebagaimana ditulis Nabi Hosea, "Siapa yang bijaksana biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan Tuhan adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ . ..." Kebijaksanaan dan pemahaman ini kiranya membuat kita sanggup bertahan sampai kesudahan. Kita taat dan setia bukan karena spekulasi, melainkan karena bijaksana sebagai orang benar. Siapa yang bertahan sampai akhir akan beroleh keselamatan dari Tuhan. 

Ya Tuhan, mampukan kami untuk melawan segala tantangan, godaan, dan kesulitan karena intan kami kepada-Mu. Kuatkan kami agar mampu bertekun dalam kebenaran kasih-Mu. Amin. 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 12 JULI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel