RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 17 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 17 JUNI 2024

Hari Biasa

1Raj 21:1-16; Mzm 5:2-3.5-6.7; Mat 5:38-42.

BcO Ezr 1:1-8; 2:68-3:8

Warna Liturgi Hijau

Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

RENUNGAN:

Lihatlah apa yang telah diperbuat oleh Ahab dan Izebel karena ketamakan mereka! Mereka tega membunuh Nabot, rakyat mereka sendiri, demi mengambil kebun anggur milik Nabot. Peristiwa "Kebun Anggur Nabot" tidak hanya terjadi satu kali dalam sejarah. Pada masa sekarang, peristiwa semacam itu kerap terjadi. Ketamakan menjadi daya dorong bagi banyak orang untuk menghalalkan segala cara, asalkan keinginan mereka tercapai. 

Kita pun menyaksikan bahwa karena tamak, manusia tidak pernah merasa puas. Ketamakan merupakan perwujudan nyata dari sikap egois. Ketamakan juga merupakan "self love" yang keliru. Kita akan sulit bersyukur jika terus-menerus menuruti keinginan kita sendiri, yang pasti tidak ada habisnya. 

Yesus menegaskan hal yang sebaliknya. Kepuasan batin dan sukacita justru akan dialami oleh orang-orang yang memiliki hati yang rela memberi dan bahkan memberi lebih. la juga menegaskan bahwa pemberian tersebut ada kalanya akan mendatangkan kesukaran dan memerlukan pengorbanan. Berhadapan dengan kenyataan semacam itu, sebagai pengikut Kristus, kita patut bertanya, sejauh mana hidup kita disetir secara buta oleh keinginan-keinginan yang tidak ada habisnya? 

Ya Tuhan, mampukanlah kami untuk rela memberikan kepada mereka yang membutuhkan, sebagai wujud syukur kami kepada-Mu, sekaligus upaya kami melawan keserakahan kami sendiri. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 17 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel