RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 25 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 25 JUNI 2024

Hari Biasa

2Raj 19:9b-11.14-21.31-35a.36; Mzm 48:2-3a.3b-4.10-11; Mat 7:6.12-14.

BcO Ezr 6:1-5.14-22

Warna Liturgi Hijau

"Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu." "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi. Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya; karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Renungan 

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. " Sekilas pernyataan ini dapat dipahami serupa dengan ungkapan bahasa Latin yang berbunyi, "Do ut des", yang kurang lebih berarti, "Aku memberi karena kamu memberi; aku berbuat begini karena kamu berbuat demikian." Dengan kata lain, prinsip tersebut mengajarkan bahwa kita perlu memberi setimpal dengan apa yang kita terima, seperti dalam hubungan transaksi jual-beli. 

Akan tetapi, mari kita baca dengan lebih cermat. Pernyataan Yesus tersebut tidak berbicara tentang menerima sesuatu, melainkan prinsip dasar untuk memperlakukan orang lain dengan baik; sebagaimana kita juga mengharapkan diperlakukan baik oleh orang lain. la tidak menjamin bahwa kebaikan kita akan dibalas dengan kebaikan. Karena dalam kenyataannya, sering kali kita mengalami bahwa "air susu dibalas dengan air tuba"— ada saja orang yang menderita justru karena berbuat baik. 

Yesus tidak mengharapkan murid-murid-Nya berbuat baik demi mengharapkan imbalan atau balas jasa. la mau supaya ketika tidak memperoleh apa-apa atau bahkan di tengah penolakan, murid-murid-Nya tetap berbuat baik, sama seperti Dia. Itulah pintu sempit yang tidak digemari kebanyakan orang. Akan tetapi, hanya melalui pintu yang sempit itu kita sampai pada kehidupan. Mau dan mampukah kita melewati pintu yang sempit itu? 

Tuhan Maha Baik, semoga kami tetap tekun berbuat baik tanpa mengharapkan imbalan apa pun, dan semakin tekun menjadi baik, bahkan ketika kami ditolak dan menderita. Amin. 


0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 25 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel