RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 2 JULI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 2 JULI 2024

Hari Biasa

Am. 3:1-8; 4:11-12; Mzm. 5:5-6,7,8; Mat. 8:23-27.

BcO Neh. 7:72b-8:18

Warna Liturgi Hijau

Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa." Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. Dan heranlah orang-orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"

Renungan 

Tidur malam hari sesudah aktivitas yang melelahkan sepanjang siang menjadi rutin dan biasa. Sebab, tubuh kita butuh istirahat. Namun, menjadi tidak biasa ketika tubuh fisik lelah, tetapi pikiran dan hati tidak tenang. Cemas, gelisah, khawatir mendorong pikiran untuk tetap terjaga, tidak bisa tidur. Meskipun dipaksa, mata tetap susah diajak terpejam. Bacaan Injil hari ini berkisah tentang Yesus yang tidur di atas perahu, sementara itu terjadi angin ribut dan perahu mereka hampir tenggelam. Namun, kita melihat yang luar biasa di sana. Di tengah badai bergelora, Yesus masih bisa tidur. la tidur dengan tenang karena tidak terpengaruh oleh guncangan yang mengomang-ambingkan perahu. la jauh lebih besar dan berkuasa daripada angin ribut yang kencang. Wibawa Ilahi-Nya membuat angin dan danau takluk kepada-Nya. 

Mereka yang sekarang sedang susah tidur karena banyak "angin ribut" kehidupan pasti ingin seperti Yesus; bisa tidur nyenyak di tengah angin ribut. Bagaimana supaya kita menjadi seperti Yesus? Pertama-tama, undanglah Yesus naik ke perahu kehidupan kita agar kita damai dan bisa tidur nyenyak meskipun badai tetap mengamuk. Kemudian, sungguh indah kalau kita mendengarkan nasihat dalam Kitab Amsal 3:5-7, "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam seluruh hidupmu, maka la akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan Tuhan dan jauhilah kejahatan." 

Tuhan Yang Maha Kuasa, kuatkan iman kami agar bisa tidur tenang karena Engkau beserta kami. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 2 JULI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel