RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 28 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 28 JUNI 2024

Perayaan Wajib

St. Ireneus

2Raj 25:1-12; Mzm 137:1-2.3.4-5.6; Mat 8:1-4;

BcO Neh 1:1-2:8 Sore: Vigili Hari Raya: Kis. 3:1-10; Mzm. 19:2-3,4-5; Gal. 1:11-20; Yoh. 21:15-19

Warna Liturgi Merah

Setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: "Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku." Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: "Aku mau, jadilah engkau tahir." Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya. Lalu Yesus berkata kepadanya: "Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka."

Renungan 

Santo Ireneus adalah seorang Bapa Gereja. la dikenal pernah mengatakan, "Gloria Dei, vivens homo", yang berarti "manusia yang (sungguh) hidup adalah kemuliaan Allah". Bagi Ireneus, kemuliaan Allah tampak dalam diri manusia yang sungguh hidup. Di pihak lain, manusia sejak semula diciptakan untuk memuliakan Allah dengan hidupnya. Meskipun diliputi berbagai kelemahan dan keterbatasan, anugerah dan tanggung jawabnya tetap sama, yaitu menjadi sarana kemuliaan Allah. 

Penderita sakit kulit yang menajiskan atau orang kusta datang kepada Yesus memohon agar penyakitnya disembuhkan. Permohonan ini merupakan ungkapan hatinya bahwa ia ingin hidup. la percaya bahwa jika Tuhan menghendaki, ia pasti disembuhkan. Peristiwa tersebut menampakkan kemuliaan Allah Sang Pemberi Kehidupan: Bukan saja karena penahirannya yang ajaib, melainkan juga karena dalam keterbatasannya, si Kusta teguh percaya kepada Allah. 

Santo Ireneus mengajak para murid Kristus untuk memuliakan Allah dengan hidup mereka. Itu berarti bukan sekadar dengan kata-kata, puji-pujian, dan ibadah, melainkan dalam seluruh hidup jasmani kita, baik dalam kata, pujian, ibadah, maupun lewat perbuatan, pilihan hidup, komitmen, pekerjaan, dan segala aspek hidup kita. Maukah kita datang kepada Yesus dan memohon penyembuhan? 

Bapa, kami hendak memuji dan memuliakan Engkau dengan hidup kami. Semoga persembahan diri kami hari ini berkenan kepada-Mu. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 28 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel