RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 21 JUNI 2024)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 21 JUNI 2024

Perayaan Wajib St. Aloisius Gonzaga

2Raj 11:1-4.9-18.20; Mzm 132:11.12.13-14.17-18; Mat 6:19-23;

BcO Za 1:1-21

Warna Liturgi Putih

"Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Renungan 

Santo Aloysius Gonzaga berasal dari keluarga bangsawan. la sendiri merupakan ahli waris dalam keluarganya. Keluarganya senang bertengkar dan bertarung. Akan tetapi, ia sendiri merupakan pribadi yang halus dan rendah hati. Ketika rekan-rekan seusianya asyik membangun karier, bersaing untuk memperoleh kedudukan yang tersohor, ia memilih menjadi religius (biarawan), membina diri dan dibentuk seturut karya Allah, seumpama besi yang ditempa oleh Allah sendiri. Akhirnya, ia wafat dalam usia yang masih muda, usia 20-an tahun, karena tertular sakit dari orang-orang yang ia layani. 

Santo Aloysius Gonzaga sungguh-sungguh menjalankan sabda yang disampaikan Yesus dalam Injil hari ini. la sungguh-sungguh mengumpulkan harta yang tidak bisa dirusak oleh ngengat dan karat. Karena keteladanan hidupnya mengumpulkan harta untuk kehidupan kekal itu, Gereja menetapkan dia sebagai salah satu "pelindung orang muda". Dari pemuda kudus ini kita diingatkan bahwa di tengah dunia yang sering kali diliputi kegelapan ini, kita diajak untuk menjaga mata hati kita tetap terang, lewat matiraga dan amal kasih. Dengan begitu, kita, tanpa bermaksud mencari imbalan, perlahan namun pasti sedang mengumpulkan harta surgawi. 

Ya Bapa, terangilah selalu mata hati kami agar kami mampu menemukan harta surgawi di tengah kegelapan dunia ini. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 21 JUNI 2024)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel