RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 30 NOVEMBER 2020)

renungan harian senin 30 november 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 30 NOVEMBER 2020

Pekan I Adven

Pesta St. Andreas Rasul (Merah)

BACAAN I: Rm. 10:9-18

MAZMUR: 19:2-3.4-5;

BACAAN INJIL: Luk. 4:18-22

Injil Lukas. 4:18-22

Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

RENUNGAN:

Yesus memanggil Santo Andreas ketika ia bersama saudaranya, Petrus, sedang menebarkan jala di Danau Galilea. Yesus berkata: ‘Mari, ikutilah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia’ (Mat.4:19). Tanpa pikir panjang, tanpa perhitungan apa-apa, tanpa dalih apa pun, mereka berdua langsung meninggalkan jala mereka dan mengikuti Yesus. Mereka sadar, bukan hipnotis. Mereka sungguh tahu dan mau mengikuti Yesus.

Apa yang ditunjukan oleh St. Andreas dan saudaranya, Petrus, menjadi contoh unggul bagi kita dalam menjawab panggilan Tuhan. Kesiapsediaan mereka untuk meninggalkan pekerjaan kemudian mengikuti Yesus menjadi bukti bahwa mereka mau dipakai Tuhan untuk menjadi penjala manusia. Tentu inisiatif utama dari panggilan kita adalah Tuhan sendiri. Yang diminta dari mereka dan kita yang hidup di zaman ini adalah kesiapsediaan untuk pergi mewartakan Tuhan yang kita imani. Kelak, kesiapsediaan kita untuk menjawab ‘ya’ atas panggilan Tuhan itu akan dimahkotai kehidupan kekal bersama para kudus di surga abadi.

Tuhan, Engkau memanggil kami menjadi saksi kasih-Mu di dunia ini. Berilah kami rahmat kesetiaan agar kami menjadi saksi-Mu yang penuh sukacita. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 30 NOVEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel