RENUNGAN MINGGU ADVEN IV- VATIKAN


Frater Antony Kadavil merefleksikan dan mengomentari bacaan pada Misa untuk Minggu Minggu keempat. Dia mengatakan bahwa kepatuhan yang penuh kasih dan responsif kepada Allah sebagaimana dimodelkan bagi kita oleh St Yosef adalah tema utama dari bacaan-bacaan tersebut, dengan penekanan khusus pada Kelahiran Perawan Yesus.

Yesaya 7: 10-14; Rm 1: 1-7; Mat 1: 18-24
Bacaan pertama (Yes 7: 10-14 menjelaskan: Allah telah berjanji (2 Samuel 7:14) sebuah dinasti yang tak berujung kepada Daud. Karena itu orang Israel menggantungkan harapan mereka untuk Mesias yang akan datang (raja yang diurapi) yang pemerintahannya akan memulihkan kedamaian dan kemakmuran. yang mereka dambakan, tetapi kerajaan Israel yang tidak terbagi di bawah Daud dan Salomo terbagi pada kematian Salomo pada akhir abad ke delapan SM, menjadi kerajaan utara, Israel, dan kerajaan selatan, Yehuda. Asyur, kekuatan dominan di wilayah itu dikendalikan , di antara negeri-negeri lain, Israel dan Suriah. Kedua negara bagian ini berencana memberontak melawan Asyur. Raja-raja mereka menekan Raja Ahas dari Yehuda, raja Yahudi Yehuda yang kesebelas dalam sepuluh tahun (735 hingga 715 SM), untuk bergabung dengan mereka. [Lihat 2 Kg 16 ff dan 2 Tawarikh 28 untuk sejarah Ahas.] Ketika dia menolak, mereka mulai merencanakan untuk menggulingkannya dengan menyerang Yehuda. Alih-alih mempercayai Tuhan, Ahaz berencana untuk meminta dari raja Asiria kafir, bantuan untuk memegang tahtanya, permintaan yang kemudian menyebabkan penggulingan o f kerajaan Yehuda. Percaya bahwa Tuhannya, Yahweh, akan melindungi Yehuda dan rajanya, nabi Yesaya mengatakan kepada Ahas untuk memiliki Iman kepada Yahweh dan tidak untuk bersekutu dengan Asyur. Tapi Ahaz tidak mau mendengarkan. Dia bertekad untuk terus maju dengan aliansinya. (Untuk menenangkan orang Asyur, Ahaz telah mengganti mezbah di Bait Suci dengan mezbah Asyur dan telah mengorbankan putra sulungnya kepada dewa Asyur Moloch). Yesaya memberi tahu Ahas bahwa Tuhan ingin dia meminta tanda kebenaran dari apa yang dikatakan Yesaya kepada Tuhan. Ahaz sudah memutuskan untuk mengandalkan Asyur. Jadi, dia menolak untuk meminta tanda, menggunakan alasan bahwa itu akan “menggoda Tuhan” untuk melakukannya. Dalam frustrasi, Yesaya mengumumkan tanda Tuhan, kelahiran dari seorang perawan dari seorang putra, yang namanya, "Emmanuel" ("Tuhan menyertai kita"), akan meyakinkan semua orang bahwa Tuhan benar-benar bersama umat-Nya.

Matius memahami perikop dari Yesaya sebagai menjanjikan kelahiran keturunan Daud yang ideal, sang Mesias. Terlepas dari kutipan Matius dari Yesaya, Yesaya mungkin tidak secara sadar menubuatkan kelahiran Yesus dalam Yes 7: 10-14, dan tentu saja tidak meramalkan kelahiran itu secara eksklusif. Tuhan Allah, melalui Yesaya, memberi Raja Ahaz tanda, yang harus diakui secara instan, tidak 700 tahun kemudian di dalam Yesus. Selain itu, kata Ibrani almah yang kita terjemahkan sebagai "perawan," berarti hanya seorang wanita yang belum melahirkan bayi. Oleh karena itu, almah yang disebutkan oleh Yesaya mungkin adalah istri Ahaz, Abia, dan Imanuel akan menjadi putra mereka yang akan segera lahir, Hizkia. Dalam kelahiran anak itu, Tuhan sekali lagi membuktikan dirinya sebagai Imanuel; Tuhan bersama kita. Putra Ahaz yang dijanjikan akan setia kepada Yahweh dan akan melembagakan serangkaian reformasi agama yang akan membatalkan banyak akomodasi Ahaz untuk praktik keagamaan Asyur. Karena itu, banyak sarjana Alkitab modern tidak percaya bahwa identitas langsung "perawan" Yesaya dan "Imanuel" adalah Maria dan Yesus. Tetapi pada tingkat makna yang lebih penuh, ramalan Isaian dipahami untuk diterapkan pada kelahiran Yesus. Seperti yang tercermin dalam Injil Matius hari ini, Gereja mula-mula menyadari bahwa aspirasi mesianis kuno Israel selama berabad-abad dan janji Allah kepada Daud akhirnya dan sepenuhnya dipenuhi hanya dalam kedatangannya. Bahwa nubuat-nubuat, karya Roh Kudus, dapat memiliki beberapa penggenapan yang seringkali berabad-abad terpisah adalah aksiomatik dalam Gereja, yang bersandar pada Roh Kudus sebagai Pengawalnya melawan kesalahan, seperti yang dijanjikan Yesus akan menjadi kasusnya. Surat kepada orang-orang Ibrani menyediakan banyak contoh pembacaan teks Alkitab semacam ini. Kutipan Matius, yang mengidentifikasi "Perawan" sebagai Maria dan "Imanuel" sebagai Yesus, memberikan apa yang mungkin merupakan penggenapan terakhir dari ramalan itu.

Pembacaan kedua (Roma 1: 1-7 menjelaskan: Pembacaan dari surat St. Paulus kepada orang-orang Romawi juga menekankan bahwa Yesus adalah keturunan Daud dan dengan demikian Mesias ["turun dari Daud menurut daging" (Rm 1: 3) ).] Pada awal surat ini, Paulus meringkas Injil dengan singkat, inti dari iman Kristen, termasuk dua hal. Salah satunya adalah bahwa Anak Allah yang tunggal, yang menjelma menjadi inkarnasi seperti Yesus, adalah keturunan dari garis itu. David, yang kedua adalah bahwa Yesus dinyatakan dan ditetapkan oleh Bapa sebagai Anak Allah yang berkuasa melalui Kebangkitan-Nya dari antara orang mati. Kelahiran Yesus penting karena kematian dan Kebangkitan-Nya untuk keselamatan kita.
Sidang Kristen di Roma kecil, belum dianiaya dan masih berhimpun di rumah seseorang. Ini adalah orang-orang yang bertobat generasi pertama - beberapa orang Yahudi, beberapa orang bukan Yahudi. Paulus memperkenalkan dirinya kepada orang-orang Romawi dalam surat ini, dan ia menetapkan otoritasnya sebagai Rasul Allah. Itu perlu karena Gereja di Roma tidak mengenal Paulus secara pribadi, hanya mendengar bahwa ia adalah seorang mantan penganiaya yang menjadi Rasul. Dalam kalimat pertama, Paulus menggambarkan dirinya sebagai "dikhususkan untuk memberitakan Injil ...," dan kemudian, "disukai dengan Kerasulan." Sisa dari pengantar adalah ringkasan dari Injil dan Rencana Ilahi yang dilayaninya. Paulus melihat bagaimana kedatangan Yesus dan misinya sendiri kepada orang-orang non-Yahudi sudah ditentukan sebelumnya dalam Kitab-Kitab Ibrani. Paulus tidak menggunakan nama Imanuel untuk Yesus, tetapi ia memang memberikan ringkasan yang luas tentang tindakan perkasa Allah dalam sejarah melalui Yesus Kristus.

Injil (Matius 1: 18-24) Penjelasan: Sementara Maria tampil menonjol dalam catatan Lukas tentang kelahiran Yesus, Matius membawa Yusuf ke garis depan, karena Yesus menjadi bagian dari garis keturunan Daud melalui Yusuf (1: 1-17). Lukas menceritakan kepada kita tentang ketaatan Maria (Lukas 1:38) dan ketaatan Matius dari Yusuf. Lukas menceritakan kisah penampakan malaikat kepada Maria (Lukas 1: 26-38), tetapi Matius hanya memberi tahu kita bahwa anak itu berasal dari Roh Kudus. Tetapi mengapa Gereja memasangkan Ahas dengan Joseph dalam bacaan hari ini? Karena sangat kontras antara keduanya, masing-masing dihadapkan pada situasi yang sulit. Salah satu dari mereka, Ahaz, mengandalkan akal dan rencananya sendiri. Yusuf hanya mengandalkan Tuhan dan percaya sepenuhnya kepada-Nya. Salah satu dari mereka mengorbankan putranya sendiri untuk menenangkan orang lain dan tidak menunjukkan belas kasihan. Yang lain menghabiskan hidupnya dalam melindungi putra angkatnya. Dan demikianlah kita melihat Yusuf, berbeda sekali dengan Ahas di latar belakang, sebagai orang yang adil dan benar seperti dia.

Krisis dalam keluarga: Pernikahan Yahudi dimulai dengan pertunangan yang diatur oleh orang tua, seringkali antara anak-anak. Persis sebelum menikah, pasangan suami istri memulai pertunangan selama setahun seperti pernikahan kecuali untuk hak-hak seksual. Pertunangan mengikat dan hanya bisa diakhiri dengan kematian atau perceraian. Seseorang yang pertunangannya telah meninggal dianggap sebagai janda atau duda. Joseph menemukan bahwa Maria hamil tanpa sepengetahuannya. Sekarang, hukum mengharuskan Maryam dirajam sampai mati, karena dia akan dianggap sebagai istri yang tidak setia, dan bayi itu akan dirajam sampai mati bersamanya. Dalam Ulangan 22: 23-24, hukuman untuk perzinaan adalah kematian dengan merajam di pintu rumah ayahnya karena dia telah mempermalukan ayahnya. Karena Joseph adalah orang yang benar-benar berbelaskasih, dia memutuskan untuk menceraikan Maryam dengan diam-diam agar dia tidak menyebabkan rasa sakit yang tidak perlu. Dengan melakukan itu, ia menunjukkan kepada kita belas kasihan seperti Kristus di hadapan dosa. Dia juga menunjukkan keseimbangan yang saleh antara Hukum Taurat dan Hukum Cinta. Dan kemudian dalam sebuah mimpi dia mengetahui bahwa Anak itu telah dikandung oleh Roh Kudus, dan bahwa dia sendiri yang akan menjadi ayah angkat Kristus, mengklaim Anak itu dengan menyebut nama-Nya, dan kemudian membesarkan-Nya. Joseph, melalui kepercayaan dan Iman kepada Allah, menerima misinya sebagai ayah angkat Putra Allah.
Pesan Tuhan melalui malaikat-Nya: Ini adalah yang pertama dari tiga kesempatan di mana seorang malaikat menampakkan diri kepada Yusuf dalam mimpi. Dalam setiap contoh, malaikat memanggil Joseph untuk bertindak dan Joseph menaati. Joseph tidak memiliki bagian berbicara. Dalam contoh pertama ini, malaikat memerintahkan Yusuf untuk mengambil Maria sebagai istrinya. Dalam Matius 2:13, malaikat itu akan memberi tahu Joseph untuk membawa ibu dan anaknya ke Mesir untuk melarikan diri dari murka Herodes. Dalam Matius 2:19, malaikat akan, pada saat kematian Herodes, memberi tahu Joseph untuk kembali ke Israel. Malaikat mulai dengan mengatakan, "Yusuf, putra Daud," memperingatkan kita akan garis keturunan Yusuf. Melalui Josephlah Yesus akan berasal dari keluarga dan keturunan Daud. Peran Mary adalah melahirkan seorang putra, dan peran Joseph adalah untuk menamai dia. Dengan menyebutkan namanya, Yusuf menjadikan Yesus putranya dan membawanya ke rumah Daud. Setelah masing-masing dari tiga penampakan malaikat dalam mimpinya, Joseph mematuhi perintah malaikat tanpa pertanyaan atau jeda. Ciri khasnya adalah kepatuhan — kepatuhan cepat, sederhana, dan tidak spektakuler. Dan dalam pengertian ini, Joseph menggambarkan pemahaman Injil tentang kebenaran tentang Matius: menjadi orang benar berarti hanya mematuhi Firman Allah. Ketaatan Yusuf memungkinkan Yesus untuk diadopsi sebagai Anak Daud yang sejati; itu adalah peran Maria yang memungkinkan Yesus dilahirkan sebagai Anak Allah. Pada akhirnya, Joseph dengan patuh mengambil Maria sebagai istrinya, terlepas dari ketakutannya, dan dia mengklaim Putranya sebagai miliknya dengan menamainya. Terlepas dari keputusannya yang lebih awal untuk menceraikan wanita ini dengan diam-diam, Joseph memelihara, melindungi, mengawasi, dan mencintai Maria dan anaknya.

Kelahiran Perawan: Untuk menekankan kepercayaan tradisional Kristen bahwa Yesus tidak memiliki ayah manusia; tradisi Kristen selalu mengajarkan kebenaran yang diwahyukan bahwa konsepsi Yesus oleh Maria berasal dari Roh Kudus. Teks alkitabiah utama yang mendukung pengajaran ini adalah Isiah 7: 14: “Lihatlah, seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang putra dan namanya akan disebut Imanuel.” Matius dan orang-orang Kristen awal memahami Maria sebagai Perawan dan Yesus sebagai Putra dalam nubuat. . Ini berarti bahwa nubuat itu memiliki penggenapan asli dan penggenapan terakhir. Nubuat itu menemukan penggenapan aslinya di Hizkia, putra Ahas dan istrinya, Abia. Jadi, dalam bacaan Injil untuk hari ini, di mana Matius 1:23 mengutip Yesaya 7:14, “Lihatlah, seorang perawan akan mengandung dan melahirkan seorang putra dan namanya akan disebut Imanuel,” sebagai penjelasan untuk peristiwa yang baru saja ia kaitkan , makna penuh parthenos (terjemahan Yunani dari kata Ibrani almah yang digunakan oleh Isiah) menjelaskan bahwa pemenuhan akhir dari nubuat Yesaya dapat ditemukan di Maria sebagai Perawan yang tak tersentuh yang, dengan kekuatan Tuhan, melahirkan kepada Yesus sebagai Imanuel tanpa pasangan manusia. “Doktrin Kelahiran Perawan Mesias, Yesus, Putra Allah dan Putra Manusia sangat penting bagi Penebusan kita (Yesaya 7:14; Matius 1:23; Lukas 1:27, 34). Pertama, mari kita lihat bagaimana Alkitab menggambarkan peristiwa itu. Menanggapi pertanyaan Maria, “Bagaimana keadaannya?” (Lukas 1:34), Gabriel berkata, “Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Yang Mahatinggi akan menaungi kamu” (Lukas 1:35). Malaikat mendorong Yusuf untuk tidak takut menikahi Maria dengan kata-kata ini, "Apa yang dikandung dalam dirinya berasal dari Roh Kudus" (Matius 1:20). Matius menyatakan bahwa perawan itu “ditemukan bersama dengan anak-anak melalui Roh Kudus” (Matius 1:18). Galatia 4: 4 juga mengajarkan Kelahiran Perawan: "Allah mengutus Anak-Nya, lahir dari seorang wanita." 

ada dua kemungkinan untuk kata yang kita terjemahkan "perawan": makna Ibrani dan makna Yunani. Dalam bahasa Ibrani, bahasa Perjanjian Lama, kata untuk "perawan" yang digunakan dalam nubuat Yesaya adalah "almah," yang berarti "wanita muda yang belum melahirkan bayi." Tetapi dalam bahasa Yunani, bahasa Baru Perjanjian, kata yang digunakan untuk "perawan" adalah parthenos, dan itu berarti seseorang yang belum aktif secara seksual dengan orang lain, yang tidak pernah melakukan hubungan seksual dengan orang lain. Dengan terjemahan Alkitab Ibrani ke dalam bahasa Yunani, "almah" Ibrani dalam nubuat Yesaya menjadi parthenos Yunani dan membawa makna yang lebih lengkap tentang "keperawanan" dalam istilah kita, dengan itu. Dalam Perjanjian Lama, keperawanan (yang berarti keadaan seorang wanita yang tidak pernah melakukan hubungan seksual), sangat dihargai. Seorang perawan adalah seseorang yang berharga. Rebecca bukan hanya seorang wanita muda; dia masih perawan. Alkitab sangat tegas tentang hal itu. Ada beberapa undang-undang untuk melindungi keperawanan wanita. Artinya, orang tua mengatur agar anak perempuan mereka menikah, dan mereka berharap anak perempuan mereka menjadi perawan. Faktanya, kelahiran Kristus ‘tidak mengurangi integritas perawan ibunya tetapi menguduskannya. 'Dan, liturgi Gereja merayakan Maria sebagai Aeiparthenos,' Dara-Perawan. '(CCC # 499). “Tradisi Kristen menekankan kelahiran perawan (sama seperti menekankan pemakaman perawan, makam perawan untuk sejajar dengan rahim perawan) bukan karena itu menilai bahwa seksualitas terlalu murni dan tidak bersahaja untuk menghasilkan sesuatu yang suci. Sebaliknya, di luar ingin menekankan bahwa Yesus tidak memiliki ayah manusia, tradisi Kristen ingin menekankan hati dan jiwa seperti apa yang diperlukan untuk menciptakan ruang di mana sesuatu yang ilahi dapat dilahirkan. "(Pater Ron Rolheiser SJ)" Kisah kelahiran perawan dalam Injil adalah penegasan iman akan asal usul transendental dari sejarah Yesus. (P. Reginald Fuller).

Yesus Sang Imanuel: Nama Yesus adalah bentuk bahasa Yunani dari bahasa Ibrani Yehosua, yang berarti 'YHWH adalah keselamatan'. Yosua pertama, penerus Musa, menyelamatkan orang-orang dari musuh-musuh mereka. Yosua kedua (Yesus) akan menyelamatkan orang-orang dari dosa-dosa mereka. Orang-orang tidak mengharapkan Mesias yang akan menyelamatkan mereka dari dosa-dosa mereka, tetapi orang yang akan membebaskan mereka dari penindas mereka. Penggenapan nubuat penting bagi Matius. Dia menyebutkan penggenapan nubuat sebanyak 11 kali (1:22; 2:15, 17, 23; 4:14; 8:17; 12:17; 13:35; 21: 4; 26:56; 27: 9). Dalam bahasa Ibrani, El adalah bentuk pendek Elohim, nama untuk Tuhan. Immanu-El berarti "Allah beserta kita." Emmanuel menggambarkan peran atau panggilan Yesus. Panggilan Yesus adalah untuk menyelamatkan umat-Nya dari dosa-dosa mereka dan untuk memanifestasikan kehadiran Allah. Dengan demikian Matius memulai Injilnya dengan janji bahwa Yesus adalah Allah bersama kita. Dia akan mengakhiri Injil dengan janji bahwa Yesus akan bersama kita "selalu, sampai akhir zaman" (28:20). Matius memahami bahwa dalam kehidupan, kematian, dan Kebangkitan Yesus dari Nazaret, Allah menyertai kita, mendamaikan dunia dengan diri-Nya. Dia adalah jaminan dalam daging yang tidak diberikan Tuhan pada kita, tetapi akan tetap bersama kita. Peristiwa Natal yang sebenarnya adalah bahwa Tuhan datang untuk mengubah dunia dan kita masing-masing — tidak hanya melalui konsepsi sejarah, perawan, dan bayi yang terbaring di palungan, tetapi melalui Allah yang bersama kita hari ini, menghancurkan sikap kita yang benar sendiri. dan berusaha untuk menggerakkan kita melampaui ketakutan kita, membebaskan kita dari ikatan kita.

BACA JUGA :

Pesan-Pesan Kehidupan: 
  1. Seperti Joseph, kita perlu percaya pada Tuhan, mendengarkan Dia dan setia. Kita berada di sini di Gereja ini, seminggu sebelum Natal, karena, seperti Joseph, kita setia, dan kita percaya kepada Allah, kuasa-Nya dan belas kasihan-Nya. Meskipun kita mungkin menghadapi masalah keuangan, ketidakamanan pekerjaan, masalah keluarga, dan masalah kesehatan, marilah kita berusaha untuk percaya dan setia seperti St. Joseph. Alih-alih mengandalkan skema kita sendiri untuk membuat kita menjalani hidup, mari kita percaya pada Tuhan dan diperkuat dengan berbicara kepada-Nya dalam doa yang sungguh-sungguh dan dengan mendengarkan Dia berbicara melalui Alkitab. Mari kita tetap setia dan penuh doa, meniru Joseph dan Mary, yang paling rendah hati dari yang paling rendah hati, yang paling baik dari yang ramah, dan yang paling percaya pada kebaikan dan belas kasihan Tuhan, ketika kita menyambut Yesus ke dalam hati kita dan hidup Natal ini.
  2. Kita perlu mengalami Imanuel dalam hidup kita dan mengubah dunia: Tuhan yang memasuki dunia kita melalui Yesus sekitar 2000 tahun yang lalu sedang bekerja di dunia. Tetapi pertanyaannya adalah, jika Tuhan datang untuk hadir dalam kehidupan kita dan dunia kita, lalu mengapa ada begitu banyak kehidupan yang tidak bahagia dan jahat? Mengapa orang begitu bermusuhan, saling membenci, dan mengapa begitu banyak hubungan cinta berubah menjadi masam? Mengapa ada kekerasan dalam rumah tangga? Mengapa ada pelecehan anak? Mengapa ada perang di setidaknya selusin negara di bumi yang baik dari Allah pada waktu tertentu? Mengapa begitu banyak orang kehilangan tempat tinggal dan kelaparan, bahkan di negara-negara kaya? Kabar Baik, pesan penghiburan Natal, adalah bahwa anak Yesus yang masih menunggu hari ini untuk masuk ke dalam hati kita — hatimu dan hatiku — dan untuk mengubah kita dan dunia di sekitar kita dengan keindahan kasih, kebaikan, kemurahan, dan belas kasihan Allah . Mari kita luangkan waktu untuk membiarkan Anak Kristus memasuki hati dan kehidupan kita minggu ini, sehingga Dia dapat mengubah dunia kesengsaraan kita dengan keindahan cinta itu.
  3. Apakah kita memiliki hadiah untuk “Anak Laki-Laki Ulang Tahun” kita? Mari kita periksa untuk melihat apakah Yesus ada dalam daftar kita pada Natal ini dan apakah kita mempunyai karunia khusus untuknya. Kita semua tahu senang menemukan hadiah yang tepat untuk suami atau istri kita, untuk anak-anak kita, teman baik, orang tua. Hadiah istimewa apa yang kita berikan kepada Yesus tahun ini untuk menghormati kelahirannya, dan apa yang kita harapkan dari Tuhan? Tuhan mengirim Yesus dari Surga ke bumi untuk memberi kita manusia apa yang paling kita butuhkan dalam hidup: hati dipenuhi cinta. Itulah hadiah yang benar-benar diinginkan Yesus dari kami, dan itulah yang Anda dan saya benar-benar butuhkan dari Tuhan pada Natal ini - hati yang dipenuhi dengan cinta. Kami punya banyak keinginan. Kami seperti anak-anak dengan katalog sebelum Natal, melingkari semua keinginan kami dengan lusinan. Tetapi kita memiliki satu kebutuhan esensial: hati yang dipenuhi dengan cinta. Tuhan ingin memberi kita masing-masing hati yang dipenuhi dengan cinta, belas kasihan, belas kasih, dan pengampunan pada Natal ini dan setiap hari dalam hidup kita.
  4. Mari kita menjadi hadiah Natal untuk orang lain: Hadiah terbesar yang dapat kita berikan kepada orang yang kita cintai, adalah memiliki iman kepada mereka, percaya pada mimpi mereka, dan mencoba membantu mereka mewujudkannya. Kita perlu percaya pada mimpi suami, istri, anak-anak, orang tua, pahlawan, pemimpin, dan teman-teman kita, kemudian mencoba yang terbaik untuk membantu mereka mewujudkan mimpi-mimpi itu. (P. Antony Kadavil)

0 Response to "RENUNGAN MINGGU ADVEN IV- VATIKAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel